KTSP
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA
KH. MUKMIN SIDOARJO
DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN SIDOARJO
MINU KH. MUKMIN
Jl. KH. Mukmin 39 sidoarjo
Telp. 031-8947239
PENETAPAN
Setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Madrasah,
maka dengan ini Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama KH. Mukmin
ditetapkan untuk diberlakukan
mulai Tahun Pelajaran 2009/2010
Mendapat Pertimbangan dari Komite Madrasah Drs. H. A. Saifullah, M.Pd. Ketua |
Ditetapkan di : Sidoarjo Pada Tanggal : 05 Juli 2009 Menetapkan : Kepala MINU KH.Mukmin Nurul Hamamah, S.Ag. |
Mengetahui
a.n. Kepala Kantor Departemen Agama
Kabupaten Sidoarjo
Kasi Mapendais,
H. MOCH. SHOHIB
NIP. 195406101982031006
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah, Tuhan pencipta alam semesta, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya. Salam sejahtera pada junjungan para Rosul Baginda Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabat dan para pengikutnya, sehingga kita bisa melaksanakan tugas – tugas keseharian kita dengan baik.
Penyusunan Kurikulum MINU KH Mukmin, sebagai satu bentuk Kurikulum Satuan Pendidikan ( KTSP ) dimaksudkan sebagai kurikulum operasional bagi proses pembelajaran baik yang dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Sebagai suatu panduan penyelenggaraan pembelajaran, KTSP ini tentu saja memerlukan semangat para pelaksananya dilapangan, agar rencana ini menjdi kenyataan. Oleh karena itu semangat para guru dalam membimbing dan mengajar anak – anak, kepemimpinan kepala madrasah yang menciptakan suasana yang kondusif, dan partisipasi masyarakat madrasah yang diwadai oleh komite dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, sangat diutamakan kerjasama dinamik ketiga unsur tersebut bisa menjadi lahan yang amat subur bagi terlaksananya KTSP ini.
Kepada semua pihak yang telah memungkinkan tersusunnya KTSP ini, terutama kepada komite MI Surabaya, para nara sumber, dan Depag kota Sidoarjo kami ucapkan terima kasih. Semoga amal baik tersebut memperoleh balasan dari Allah SWT sebagai amal sholeh. Demikian semoga KTSP ini memenuhi harapan semua pihak dan menjadi pedoman penyelenggara pembelajaran yang efektif.
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH,S.Ag
BAB I
PENDAHULUAN
Pengembangan kurikulum ini mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi Madrasah dalam mengembangkan kurikulum.
Penyusunan KTSP MINU KH. Mukmin berlandaskan pada, (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat 1 & 2, Pasal 38 Ayat 2 dan Pasal 51 Ayat 1; (2) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 17 Ayat 1 & 2, dan Pasal 49 Ayat 1; (3) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah; (4) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah; (5) Peraturan Mendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan permendiknas nomor: 22 dan 23; (6) Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 tanggal 1 Agustus 2006, Tentang Pelaksanaan Standar Isi.
Pengembangan KTSP di MINU KH Mukmin berdasarkan :
-
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
-
Beragam dan terpadu
-
Tanggap terhadap perkenbangan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni
-
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
-
Menyeluruh dan berkesinambungan
-
Belajar dan berkesinambungan antara senua jenjang pendidikan
-
Belajar sepanjang hayat yang mencerminkan unsure pendidikan baik formal maupun informal yang sesuai dengan kondisi dan lingkungan
-
Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah yang sejalan dengan bhineka tunggal ika dan Negara kesatuan Republik Indonesia
A. Visi Madrasah
Indikator Visi:
-
Berprestasi dalam bidang akademik, kesenian dan teknologi
-
Menghayati dan mengamalkan ajaran islam secara kaffah berdasarkan ahli sunnah waljamaah
-
Menjadi Rujukan pengamalan agama Islam yang berahlus sunnah waljamaah
-
Mampu hidup bermasyarakat dilingkungannya
-
Meluluskan siswa:
-
Menguasai ilmu dasar sebagai bekal melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
-
Senantiasa berpegang teguh pada ajaran Islam secara kaffah/sempurna
-
Mengamalkan ajaran ahlus sunnah wal jama`ah
-
Berakhlak karimah sebagai dasar berperan ditengah masyarakat
C. Tujuan MINU KH. Mukmin
Saat ini tahun 2010, maka pada tahun 2012
- Memiliki peningkatan nilai rerata UASBN sebesar + 0,6
- Memiliki tim yang menjadi juara satu lomba mata pelajaran tingkat kabupaten
- Menjadi juara satu olimpiade matematika tingkat kabupaten
- Menjadi juara satu lomba Bahasa Inggris tingkat provinsi
- Menjadi juara satu lomba kesenian (drum band, band dan teater) tingkat provinsi
- Memiliki tim tilawah yang menjadi juara finalis lomba MTQ tingkat kabupaten
- Baik peserta didik maupun guru mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan Arab
- Melaksanakan pembelajaran PAKEM untuk seluruh kelas
- 98% kelas VI hafal juz `ammah
- Peserta didik mulai kelas tiga menjalankan sholat dengan baik dan tertib atas kesadaran diri
BAB II
STANDAR KOMPETENSI
Pada bab ini akan disajikan: (1) Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah (SKL-MI), (2) Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SKK-MP), (3) Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran(SKL-MP), (4) Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran (KD), dan (5) Diagram Pencapaian Kompetensi Lulusan Madrasah ibtidayah.
Standar kompetensi lulusan MINU KH. Mukmin didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. SKL ini dipandang sudah cukup ideal, sehingga diacu sebagai SKL MINU KH. Mukmin. Demikian pula standar kompetensi lulusan kelompok mata pelajaran (SKK-MP) juga mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Standar kompetensi lulusan mata pelajaran (SKL-MP) serta standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) sebagai standar isi mata pelajaran mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Di samping itu, dalam pelaksanaanya MINU KH. Mukmin memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 tentang pelaksanaan standar isi, bahwa Madrasah dapat mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi dengan melakukan inovasi dan akselerasi. Atas dasar itulah, maka MINU KH. Mukmin mengembangkan standar tersebut baik pada standar kompetensi lulusan mata pelajaran (SKL-MP) maupun standar isi (SK & KD) mata pelajaran sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan 23 tahun 2006 tersebut, terutama pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang merupakan ciri khas dari madrasah.
A. Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama KH Mukmin
Standar Kompetensi Lulusan MINU KH. Mukmin selengkapnya adalah sebagai berikut.
- Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
- Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
- Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
- Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
- Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
- Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
- Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
- Menunjukkan kecintaan dan kebanggan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia
- Menunjukkan kemampuan untuk kegiatan seni dan budaya lokal
- Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
- Berkomunikasi secara jelas dan santun
- Bekerja sama dengan kelompok, tolong menolong, menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
- Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung
B. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran :
1. Agama dan Akhlak Mulia;
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4. Estetika;
5. Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:
- Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertjuan : membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga dan kesehatan.
- Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan: memebentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
- Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik. Pada satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan.
- Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
- Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan bertjuan : membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapaimelalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olah raga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Agama dan Akhlak Mulia
- Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
- Menunjukkan sikap jujur dan adil
- Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
- Berkomunikasi secara santun yang mencermihkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
- Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkanwaktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
- Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesame manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
- Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
- Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
- Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan social ekonomi di lingkungan sekitarnya
- Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
- Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
- Berkomunikasi secara santun
- Menunjukkan kegemaran membaca ;
- Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
- Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
- Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya lokal
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
- Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru / pendidik.
- Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
- Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari. - Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan
sekitar. - Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan
berhitung - Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar. aman, dan memanfaatkan
waktu luang
4, Estetika
- Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
- Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
- Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
Pendidikan Agama Islam
- Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
- Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
- Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta. menghindari perilaku tercela
- Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
- Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan Nabi
Pendidikan Kewarganegaraan
- Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
- Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
- Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
- Memahami hidup tertib dan gotong royong
- Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
- Menampilkan perilaku jujur, disiplm, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila
- Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik ilndonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
- Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
- Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat.
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, dislcusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama
4. Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun
Matematika
-
Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
-
Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
-
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
-
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
-
Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, reraca hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
-
Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
-
Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
Ilmu Pengetahuan Alam
- Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
- Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
- Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
- Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
- Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
- Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
Ilmu Pengetahuan Sosial
- Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
- Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
- Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/kota dan provinsi
- Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
- Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
- Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
- Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
- Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
- Memahami peranan Indonesia di era global
Seni Budaya dan Keterampilan Seni Rupa
- Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
- Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
- Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan teknik batik
- Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
- Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat
Seni Musik
- Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
- Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
- Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
Seni Tari
- Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
- Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara
- Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik Nusantara
Keterampilan
- Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
- Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan makrame
- Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
- Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan Iain-lain
- Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
- Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
- Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
- Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
- Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan Iain-lain
- Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba.
Bahasa Inggris
1. Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3. Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
MINU KH Mukmin menggunakan standar isi yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006. Standar kompetensi (SK-MP) dan kompetensi Dasar (KD-MP) dalam standar isi tersebut dikembangkan sebagai berikut.
-
Standar kompetensi dan kompetensi dasar Kelas Awal (kelas I – III) dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran tematik. Karena itu guru kelas awal perlu melakukan analisis pemetaan Kompetensi dasar dan indikator kemudian membuat pengembangan jaringan tema-tema pembelajaran. Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh dari semua standar kompetensi dan kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.
-
Standar kompetensi dan kompetensi dasar kelas IV-VI dikembangkan dengan pendekatan mata pelajaran.
-
Standar kompetensi dan kompetensi dasar kelas I-VI dianalisis dan diriview agar sesuai dengan SKL dan SKKMP.
BAB III
STRUKTUR KURIKULUM DAN PENGATURAN BEBAN BELAJAR
Bab III ini berisi struktur kurikulum dan Pengaturan beban belajar Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama KH. Mukmin sesuai Peraturan Menteri No . 22. Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ. II.1/PP.00/ED/ 681/2006 tentang Pelaksanaan KTSP, muatan kurikulum, dan beban belajar.
Pengaturan struktur kurikulum dan beban belajar di MINU KH. Mukmin menunjukkan; (1) Struktur kurikulum yang memuat sejumlah mata pelajaran, muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri sesuai dengan jenjang pendidikan; (2) Struktur kurikulum ini mencerminkan pencapaian visi, misi dan tujuan madrasah; (3) Struktur kurikulum menunjukkan kelas; (4) Struktur kurikulum memuat mata pelajaran yang dipersyaratkan oleh standar nasional; (5) Struktur kurikulum menggambarkan alokasi waktu setiap semester; (6) Struktur kurikulum memiliki waktu belajar lebih besar dari standar nasional; (7) Struktur kurikulum menggambarkan perubahan yang dilakukan dalam alokasi waktu pada setiap semester dibandingkan dengan standar nasional; (8) Struktur kurikulum memberikan keterangan tentang berbagai perubahan yang dilakukan; (9) Beban belajar mengacu pada permendiknas dan surat edaran Dirjen Pendidikan Islam; (10) Alokasi waktu yang ditetapkan mampu mencapai standar kompetensi lulusan; (11) Penambahan alokasi waktu disesuaikan dengan kondisi madrasah ; (12) Beban belajar mencerminkan pencapaian visi, misi dan tujuan madrasah.
A. Struktur Kurikulum dan Muatan Kurikulum
Struktur kurikulum MINU KH. Mukmin atas tiga komponen, yakni komponen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Komponen mata pelajaran dikembangkan berdasarkan atas lima kelompok mata pelajaran, yaitu sebagai berikut.
1. Kelompok mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
2. Kelompok Mata Pelajaran Kewarganega-raan dan Kepribadian
3. Kelompok mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Kelompok mata Pelajaran Estetika
5. Kelompok mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Struktur kurikulum MINU KH. Mukmin meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 6 (enam ) tahun, yakni mulai kelas I sampai dengan kelas VI. Struktur kurikulum disusun berdasarkan SKL dan SK dan KD mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
-
Kurikulum MINU KH. Mukmin memuat 18 mata pelajaran karena ditambah Bahasa Arab, Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan SKI, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel Struktur Kurikulum.
-
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal telah ditentukan diatur tersendiri oleh MI dalam bab IV tentang muatan lokal.
-
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi MI. Kegiatan pengembangan diri diatur tersendiri oleh MI dalam bab V tentang kegiatan pengembangan diri
-
Pendekatan pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan dengan “Pendekatan Tematik”, sedangkan pada kelas IV s.d. VI dilaksanakan dengan “pendekatan Mata Pelajaran”
-
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
-
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Madrasah dimungkinkan menambah maksimum empat jam
pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
-
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 30 menit untuk kelas I s.d.III dan 35 menit untuk kelas IV s.d. kelas VI
-
Proses pembelajaran menekankan keterlibatan peserta didik dengan menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan, kontekstual, mengembangkan Budaya Baca, Keteladanan, integratif dan situasional
-
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 42 minggu kls
-
Tabel 1. Komponen dan Cakupan Kelompok Mata Pelajaran MI
No |
Kelompok MP |
Komponen MP |
Cakupan |
1 |
Kelompok mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia |
Pendidikan Agama Islam:
|
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. |
2 |
Kewarganegaraan dan Kepribadian |
PPKN |
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. |
3 |
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Matematika IPA IPS |
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MI dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri. |
4 |
Estetika |
Pendidikan Seni Budaya & Keterampilan |
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup. |
5 |
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) |
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MI dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat. |
Tabel 2 Struktur Kurikulum
Bidang Studi |
I |
II |
III |
IV |
V |
VI |
A. Mata Pelajaran |
||||||
1. Pendidikan Agama Islam |
||||||
a.Fiqih |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
b. Aqidah Akhlak |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
c.Qur’an Hadist |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
d. SKI |
1 |
1 |
2 |
2 |
||
2. Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. Bahasa Indonesia |
7 |
7 |
7 |
5 |
6 |
6 |
4. Bahasa Arab |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
5. Matematika |
9 |
9 |
9 |
8 |
7 |
8 |
6. IPA |
3 |
3 |
4 |
4 |
4 |
4 |
7. IPS |
2 |
2 |
3 |
2 |
3 |
3 |
8. Seni budaya dan Keterampilan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga |
||||||
dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
B. Muatan Lokal |
||||||
1. BMQ |
8 |
8 |
8 |
8 |
6 |
4 |
2. Bahasa Inggris |
3 |
3 |
4 |
3 |
3 |
4 |
3. Bahasa Daerah |
1 |
1 |
1 |
|||
4. Teknologi dan Informasi |
2 |
2 |
2 |
|||
5. Aswaja |
1 |
1 |
1 |
|||
6. Kajian Kitab Safinatun Najah |
1 |
1 |
1 |
|||
7. Pengembangan diri |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah |
48 |
48 |
53 |
52 |
52 |
52 |
B. Pengaturan Beban Belajar
Satuan pendidikan MINU KH. Mukmin menggunakan sistem paket. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang ditetapkan MINU KH. Mukmin. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran.
Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran berlangsung selama 30 menit untuk kelas I s.d.III dan 35 menit untuk kelas IV s.d. kelas VI
Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu:
-
Kelas I s.d. II adalah 48 jam pembelajaran;
-
Kelas III adalah 53 jam pembelajaran;
-
Kelas IV s.d. VI adalah 52 jam pembelajaran.
Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk MINU KH. Mukmin
Kelas |
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit |
Jumlah jam pembelajaran per minggu |
Minggu efektif per tahun ajaran |
Waktu pembelajaran/ jam per tahun |
I & II |
30 |
48 |
42 |
2016 |
III |
30 |
53 |
42 |
2226 |
IV-VI |
35 |
52 |
42 |
2184 |
Penugasan terstruktur yaitu kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh setiap guru masing-masing mata pelajaran. Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada MINU KH Mukmin maksimum 40% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
-
Beban belajar kegiatan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur setiap mata pelajaran ditetapkan 15 menit;
-
Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu MI:
-
Kelas I s.d. III adalah 48 s.d. 53 jam pembelajaran;
-
Kelas IV s.d. VI adalah 52 jam pembelajaran.
-
BAB IV
MUATAN LOKAL
Muatan lokal di MINU KH. Mukmin dikembangkan sesuai dengan ciri khas dan potensi Kabupaten Sidoarjo, termasuk keunggulan daerah, dan keunggulan madrasah. Muatan lokal disajikan dalam bentuk mata pelajaran, sehingga memiliki kompetensi mata pelajaran, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
A. Mata Pelajaran Muatan Lokal
Mata pelajaran muatan lokal yang diselenggarakan MINU KH. Mukmin adalah sebagai berikut.
a. Belajar Membaca Al Quran (BMQ)
Tujuan:
-
Membekali siswa dengan kemampuan membaca Al Quran dengan benar dan fasih sesuai dengan kaidah-kaidah membaca Al Quran sehingga menumbuhkan kegemaran siswa dalam membaca Al Quran
-
Mengembangkan kemampuan siswa dalam menghafal juz amma
b. Bahasa Daerah
Tujuan:
- Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa daerahnya.
- Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra daerahnya.
- Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya daerah sebagai salah satu unsur budaya nasional.
c. Bahasa Inggris
Tujuan:
- Mengenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.
- Membekali siswa untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era global isasi.
- Dan mengembangkan kemampuan untuk berbicara dihadapan masyarakat
d. Ketrampilan / Teknologi Informasi dan Komukasi
Tujuan:
- Membekali siswa didalam kemajuan teknologi dalam bersaing di dunia maju
- Mengembangkan siswa akan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi yang
terus berkembang, sehingga siswa termotivasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hidupnya - Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi
perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga siswa bisa
melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri. - Mengembangkan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktivitas dalam aspek kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, mengorganisasi informasi, nelajar dan bekerja sama
- Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah.
e. Kajian Kitab Salaf ( Safinatun Najah )
Tujuan
-
Mengenalkan kitab salaf kepada siswa
-
Mengembangkan kemampuan dan pengetahuan siswa tentang ilmu fiqih sebagai bekal hidup dalam menjalankan ibadah yaumiyah.
1. Belajar Membaca Al Qur`an
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID I
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID II
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID III
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID IV
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID V
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID VI
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BMQ AT TARTIL JILID MARHALAH
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
|
|
PENGEMBAMGAN SK DAN KD BAHASA DAERAH
KELAS IV SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
1. 1 Mencari ukara tanggap lan tanduk 1.2 Mencari arane wit dan anake kewan |
1.1.1 Membaca dengan lafal yang tepat 1.1.2 Menceritakan kembali isi bacaan 1.1.3 Menjawab pertanyaan 1.1.4 Membuat ukara tanggap 1.1.5 Membuat ukara tanduk 1.2.1 Menyebutkan arane wit 1.2.2 Menyebutkan arane anake kewan 1.3.1 Menjelaskan tambang lingga |
2. Memahami bacaan Prastawa lan mangsuli pitakon |
2.1 Menceritakan peristiwa |
2.1.1 Membaca aksara jawa 2.1.2 menjelaskan isi bacaan 2.1.3 menyebutkan kata-kata sulit 2.1.4 mendeklarasikan percakapan 2.1.5 mampu menuliskan kata dengan huruf jawa |
3. Memahami bacaan “ kerja bhakti “ dan menjawab pertanyaan |
3.1 Menceritakan kembali bacaan kerja bhakti |
3.1.1 Membaca dengan lafal tepat 3.1.2 Menjawab pertanyaan 3.1.3 Menjelaskan arti kata homonym 3.1.4 Membuat kalimat, lingo, dwilinggo, dwi purwo 3.1.5 Membuat kalimat dengan menggunakan tembung tanduk |
4. Memahami bacaan “ Joko Kendil |
4.1 Menceritakan kembali joko kendil dengan bahasa sendiri |
4.1.1 Melalui bimbingan guru siswa dapat membaca dengan lafal yang benar 4.1.2 Menceritakan kembali isi bacaan 4.1.3 Menjawab pertanyaan bacaan 4.1.4 Menulis aksara jawa |
5. Memahami kasusastran pucung, mangsuli pitakon |
5.1 Menjelaskan cirri-ciri kasusastran 5.2 Nulis layang |
5.1.1 Membaca dengan intonasi yang l tepat 5.1.2 Menyebutkan ciri –ciri tembang pucung 5.2.1 nulis laying ( menulis surat ) 5.2.2 nulis aksara jawa |
KELAS IV SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
6.Memahami bacaan Lomba Sepeda Sehat 7. Memahami bacaan Pesta Siaga “ dan menjawab pertanyaan |
6.1 Menjelaskan isi bacaan Menjelaskan isi bacaan 6.2 Melengkapi percakapan basa jawa timuran 7.1 Menjelaskan isi bacaan |
.1.1 Membaca dengan lafal tepat 6.1.2 Menceritakan kembali isi bacaan 6.2.1 Melengkapi percakapan 6.2.2 Membuat percakapan 6.2.3 timuran Melakukan percakapan basa jawa 7.1.1 Membaca dengan lafal tepat 7.1.2 Menceritakan kembali isi bacaan |
3. Bahasa Inggris
Ketrampilan / Teknologi Informasi dan Komukasi
PENGEMBAMGAN SK DAN KD TIK KELAS IV
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1.Menunjukkan menu standar pengolah data |
1.1 Mengenal Software pengolah kata (word processing) dengan menu standar |
1.1.1Menunjukkan ikon-ikon : – huruf tebal – garis bawah – huruf miring – meletakkan teks 1.1.2. Menggunakan ikon pada teks |
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
2. Mengoperasikan fungsi ikon menu standar 3. Mengintegrasikan gambar ke dalam dokumen |
2.1 Menggunakan fungsi ikon menu standar 3.1 Mengintegrasikan gambar dengan teks |
2.1.1 Mendemonstrasikan ikon-ikon : – huruf tebal – garis bawah – huruf miring – warna 3.1.1 Menyelipkan gambar 3.1.2 Membuat teks 3.1.3 Menyatukan gambar dengan teks |
PENGEMBAMGAN SK DAN KD TIK KELAS V
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1. Menunjukkan menu standar pengolah data |
1.1 Mengenal Software pengolah data (Ms. Excel) dengan menu standar |
1.1. 1Mengenal Elemen Dasar Ms.Excel – Mengenal Elemen Dasar Ms. Excel – Mengenal Cell dan Range – Menyimpan File – Menutup File – Membuka File Lama – Mengakhiri Ms. Excel 1.1.2. Mengklasifikasi serta mengentry Data – Data Auto Fill Series – Data Label – Data Value – Data Tanggal – Data Waktu – Data Currency 1.1.3 Menyunting Data |
Mengoperasikan Rumus sederhana |
2.1 Menggunakan Rumus sederhana |
2.1.1 Mendemonstrasikan Rumus : – Herarki Perhitungan – Keterikatan Cell akibat Rumus – Keterikatan Rumus terhadap Cell – Mengcopy rumus |
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
3. Memformat Lembar Kerja |
3.1 Mengintegrasikan gambar dengan teks |
3.1.1 Menyelipkan gambar 3.1.2 Membuat teks 3.1.3 Menyatukan gambar dengan teks |
PENGEMBAMGAN SK DAN KD TIK KELAS VI
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
|
1 Menunjukkan perangkat lunak pengolah kata dengan ikon pendukung |
1.1Mengenal Software pengolah kata dengan ikon-ikon pendukung |
1.1.1Mengidentifikasi ikon-ikon untuk : – membuat teks – membuat gambar – membuat tebel – membuat grafik |
|
2 Menggunakan ikon pendukung |
2.1 Menggunakan fungsi ikon-ikon pendukung |
1.1.1 Mendemonstrasikan penggunaan ikon-ikon : – Clip art – picture – text box – insert table – teks, gambar, dan table |
KELAS/SMT : IV/1
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1. Memahami huruf-huruf pego |
1.1 Mengidentifikasi huruf pego 1.2 Membaca huruf-huruf pego sesuai dengan cara bacanya 1.3 Menulis huruf-huruf pego dengan baik dan benar |
1.1.1 Memahami huruf pego 1.1.2 Membedakan huruf pego 1.2.1 Membaca kata dengan huruf pego 1.2.2.Membaca kalimat dengan huruf pego 1.3.1 Menyalin tulisan pego dengan huruf latin 1.3.2 Menyalin tulisan latin dengan huruf pego 1.3.3 Menulis imla` dengan huruf pego |
2. Memahami kandungan kitab Safinatun najah |
2.1 االسلاماركان (فصل) 2.2 اركان الايمان (فصل) |
2.1.1 Membaca السلاماركان (فصل) dengan maknanya 2.1.2 Menulis السلاماركان (فصل)dengan benar dan rapi 2.1.3 Menjelaskan السلاماركان (فصل) 2.2.1 Membaca اركان الايمان (فصل) dengan maknanya 2.2.2 Menulis اركان الايمان (فصل) dengan benar dan rapi 2..3 Menjelaskan اركان الايمان (فصل) |
KELAS/SMT : IV/2
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
2. Memahami kandungan kitab Safinatun najah |
2.1 معنى لااله الا الله(فصل) 2.2 علامات البلوغ (فصل) 2.3 شروط اجزاء الحجر (فصل) 2.4 فروض الوضوء (فصل) |
2.1.1 Membaca معنى لااله الا الله(فصل) dengan maknanya 2.1.2 Menulis معنى لااله الا الله(فصل) dengan benar dan rapi 2.1.3 Menjelaskan معنى لااله الا الله(فصل) 2.2.1 Membaca علامات البلوغ (فصل) dengan maknanya 2.2.2 Menulis علامات البلوغ (فصل) dengan benar dan rapi 2.2.3 Menjelaskan علامات البلوغ (فصل) 2.3.1 Membaca شروط اجزاء الحجر (فصل) dengan maknanya 2.3.2 Menulis شروط اجزاء الحجر (فصل) dengan benar dan rapi 2.3.3 Menjelaskan شروط اجزاء الحجر (فصل) 2.4.1 Membaca فروض الوضوء (فصل) dengan maknanya 2.4.2 Menulis فروض الوضوء (فصل) dengan benar dan rapi 2.4.3 Menjelaskan فروض الوضوء (فصل) |
KELAS/SMT : V/1
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 Memahami kandungan kitab Safinatun najah |
1.1 النية(فصل) 1.2 الماء قليل و كثير (فصل) 1.3 مو جبات الغسل (فصل) 1.4 فروض الوضوء(فصل) 1.5 شروط الوضوء (فصل) |
1.1.1 Membaca النية(فصل) dengan maknanya 1.1.2 Menulis النية(فصل) dengan benar dan rapi 1.1.3 Menjelaskan النية(فصل) 1.2.1 Membaca الماء قليل و كثير (فصل) dengan maknanya 1.2.2 Menulis الماء قليل و كثير (فصل) dengan benar dan rapi 1.2.3 Menjelaskan الماء قليل و كثير (فصل) 1.3.1 Membaca مو جبات الغسل (فصل) dengan maknanya 1.3.2 Menulis مو جبات الغسل (فصل)dengan benar dan rapi 1.3.3 Menjelaskan مو جبات الغسل (فصل) 1.4.1 Membaca فروض الوضوء(فصل) dengan maknanya 1.4.2 Menulis فروض الوضوء(فصل) dengan benar dan rapi 1.4.3 Menjelaskan فروض الوضوء(فصل) 1.5.1 Membaca شروط الوضوء (فصل) dengan maknanya 1.5.2 Menulis شروط الوضوء (فصل) dengan benar dan rapi 1.5.3 Menjelaskan شروط الوضوء (فصل) |
KELAS/SMT : V/2
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 Memahami kandungan kitab Safinatun najah |
1.6 نواقض الوضوء(فصل) 1.7 هوضوء من انتقض (فصل) 1.8 اسبا ب التيمم (فصل) |
1.6.1 Membaca نواقض الوضوء(فصل) dengan maknanya 1.6.2 Menulis نواقض الوضوء(فصل) dengan benar dan rapi 1.6.3 Menjelaskan نواقض الوضوء(فصل) 1.7.1 Membaca هوضوء من انتقض (فصل) dengan maknanya 1.7.2 Menulis هوضوء من انتقض (فصل) dengan benar dan rapi 1.7.3 Menjelaskan هوضوء من انتقض (فصل) 1.8.1 Membaca اسبا ب التيمم (فصل) dengan maknanya 1.8.2 Menulis اسبا ب التيمم (فصل) dengan benar dan rapi 1.8.3 Menjelaskan اسبا ب التيمم (فصل) |
PENGEMBANGAN KD ASWAJA
KELAS IV
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Memahami sejarah kelahiran NU |
|
2 |
Mengenal para ulama’ pendiri NU |
|
3 |
Memahami amaliyah Nahdlatul Ulama’ |
|
SEMESTER II
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Mengenal Nahdlatul Ulama’ sebagai Jam’iyah diniyah Ijtima’iyah |
¨ Menjelaskan arti nama Nahdlatul Ulama’. ¨ Menyebutkan pencetus Nahdlatul Ulama’ ¨ menunjukkan gambar lambang Nahdlatul Ulama’ ¨ Mengidentifikasi program unggulan Nahdlatul Ulama’ ¨ Mengidentifikasi usaha-usaha Nahdlatul Ulama’ |
2 |
Mengenal struktur organisasi Nahdlatul Ulama’ |
¨ Menjelaskan pengertian musytasyar ¨ Menyebutkan kedudukan dan tugas musytasyar ¨ Menjelaskan pengertian syuriyah ¨ Menyebutkan kedudukan dan tugas syuriyah ¨ Menjelaskan pengertian tanfidziyah ¨ Menyebutkan kedudukan dan tugas tanfidziyah |
3 |
Memahami amaliyah Nahdlatul Ulama’ |
¨ Menjelaskana pengertian dzikir ¨ Menyebutkan macam-macam dzikir ¨ Menyebutkan fadlilah berdzikir ¨ Mempraktikkan bebarapa macam dzikir tertentu ¨ Menjelaskan pengertian do’a ¨ Menyebutkan macam-macam do’a ¨ Menyebutkan tata cara berdo’a ¨ Menyebutkan manfaat berdo’a ¨ Mempraktikkan bacaan do’a tertentu |
PENGEMBANGAN KD ASWAJA
KELAS V
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Meyakini kebenaran nilai dasar perjuangan Nahdlatul Ulama |
|
2 |
Mengenal sistem keorganisasian Nahdlatul Ulama’ |
|
3 |
Memahami ama’.iyah Nahdlatul Ulama |
|
SEMESTER II
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Mengenal Badan Otonom Nahdlatul Ulama |
¨ Menguraikan sejarah kelahiran Muslimat NU ¨ MenjeiasKan tujuan berdirinya Muslimat NU ¨ Menjelaskan keanggotan Muslimat NU ¨ Mer.jelaskan makna lambang Muslimat NU ¨ Menguraikan sejarah kelahiran GP Ansor ¨ Menjelaskan tujuan berdirinya GP Ansor ¨ Menjelaskan keanggotan GP ANsor ¨ Menjelaskan makna lambang GP Ansor ¨ Menguraikan sejarah kelahiran Fatayat NU ¨ Menjelaskan tujuan berdirinya Fatayat NU ¨ Menjelaskan keanggotan Fatayat NU ¨ Menjsiaskan makna lambang Fatayat NU ¨ Menguraikan sejarah kelahiran IPNU ¨ Menjeiaskan tujuan berdirinya IPNU ¨ Menjelaskan keanggotan IPNU ¨ Menjelaskan makna lambang IPNU ¨ Menguraikan sejarah kelahiran IPPNU ¨ Menjelaskan tujuan berdirinya IPPNU ¨ Menjelaskan keanggotan IPPNU ¨ Menjelaskan makna lambang IPPNU |
2 |
Mengenal dan meneladani para fokoh Nahdlatul Ulama |
|
3 |
Memahami amaliyah Nahdlatul Ulama’ |
¨ Menjelaskan pengertian Talqin ¨ Menyebutksn dalil-dali! agama tentang Talqin ¨ Menjfelaskan tata cara Talqin ¨ Menjelaskan manfaat Talqin ¨ Memprakiikkan bacaan Talqin ¨ Menjeiaskan pengertian Ziarah kubur ¨ Menyebutkan dalil sbg dasar Ziarah kubur ¨ Menjelaskan tata cara Ziarah kubur ¨ Menjeiaskan manfaat Ziarah kubur ¨ Mempraktikkan Ziarah Kubur ¨ Membiasakan diri berziarah kubur ¨ Menjelaskan pengertian Selamatan ¨ Menyebutkan dalil sbg dasar Selamatan ¨ Mengidfintifikasi macam-macam Selamatan ¨ Menunjukkan contoh bacaan dalam Selamatan ¨ Menjelaskan manfaat menyelenggarakan selamatan ¨ Membiasakan diri menyelenggarakan Selamatan |
PENGEMBANGAN KD ASWAJA
KELAS VI
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Memiliki pemahaman dan keyakinan terhadap kebenaran Ahlus Sunnah Wal Jama’an |
|
2 |
Memahami posisi Nahdiatui Ulama’ dan kepemimpinan Ulama dalam Nahdiatui Ulama1 |
|
3 |
Membiasakan diri dengan kepribadian Nahdiatui Ulama’ |
|
SEMESTER II
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Memahami perjuangan Nahdlatul Ulama’ di berbagai bidang |
¨ Menjelaskan perjuangan Nahdlatul Ulama di bidang ekonomi dan kesejahteraa ¨ Menyebutkan contc’r, Keberhasilan perjuangan Nahdlatul Ulama’ di bidang ekonomi dan keseiahteraan ¨ Menjelaskan perjuangan Nahdlatul Ulama di bidang sosial dan budaya ¨ Menyebutkan contoh keberhasilan perjuangan Nahdiatul Ulama’ di bidang sosial dan budaya ¨ Menjeiaskan .perjuangan Nahdlatul Ulama di bidang politik kenegaraan ¨ Menyebutkan contoh keberhasilan perjuangan Nahdlatul Ulama’ di bidang politik kenegaraan |
2 |
Memahamai dan menerapkan konsep Ukhuwah menurut NU |
¨ Menjelaskan konsep persaudaraan menurut NU ¨ Mengidentifikasi macam-macam persaudaraan NU ¨ Menjelaskan makna ukhuwah Nahdliyah. ¨ Menyebutkan contoh Ukhuwah Nahdliyah ¨ MeneraDkam Ukhuwah Nahdliayah ¨ Menjelaskan makna ukhuwah Nahdliyah. ¨ Menyebutkan ccntoh Ukhuwah Isiamiyah. ¨ Metierapkam Ukhuwah Isiamiyah ¨ Menjelaskan makna ukhuwah Wathaniyah. ¨ Menyebutkan contoh Ukhuwah Wathaniyah. ¨ Menerapkam Ukhuwah Wathaniyah ¨ Menjelaskan makna ukhuwah Basyariyah ¨ Menyebutkan contoh Ukhuwah Basyariyah. ¨ Menerapkam Ukhuwah Basyariyah. |
Tabel Mata Pelajaran Muatan Lokal
MATA PELAJARAN |
Kelas dan Alokasi Waktu |
||||
I |
II |
III |
IV |
V, dan VI |
|
1. BMQ |
8 |
8 |
8 |
8 |
4 |
2. Bahasa Daerah |
1 |
1 |
|||
3. Bahasa Inggris |
3 |
3 |
4 |
3 |
3 4 |
4 TIK |
|
2 |
2 |
||
1. Kajian kitab salaf
|
1 |
1 |
Pelakasanaan muatan lokal merupakan bagian integral dari struktur kurikulum. Muatan lokal ini diberikan dengan pengaturan waktu dan mata pelajaran yang ditentukan. Pelaksanaan muatan lokal disusun berdasarkan SKL dan SK dan KD mata pelajaran muatan lokal dengan ketentuan sebagai berikut.
- Kurikulum ini memuat 6 mata pelajaran, yaitu Belajar Membaca Al Quran (BMQ) Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, dan Komputer, Aswaja dan Kajian Kitab salaf seperti tertera pada Tabel Mata Pelajaran Kurikulum Muatan Lokal.
- Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
- Proses pembelajaran muatan lokal menekankan pendekatan praktik langsung dan fungsional.
- Alokasi waktu setiap kegiatan dilakukan selama 2 jam pelajaran.
Penilaian Muatan Lokal dilakukan melalui ujian Madrasah
BAB V
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Pengembangan diri adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum madrasah. Kegiatan ini merupakan upaya pembentukan watak kepribadian peserta didik. Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan (1) Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, seperti: upacara bendera, senam, ibadah khusus keagamaan bersama, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan diri; (2) Spontan, adalah kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus seperti: pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat (pertengkaran); (3) Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti: berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang lain, datang tepat waktu; (4) Terprogram, adalah kegiatan yang dirancang secara khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan klasikal melalui penyelenggaraan layanan dan kegiatan pendukung konseling, ekstra kurikuler seperti kelompok karya ilmiah, latihan/lomba keberbakatan/prestasi, seminar, workshop, bazar, dan kegiatan lapangan, dsb.; (5) Pengkondisian, adalah pengadaan sarana yang mendorong terbentuknya perilaku terpuji.
Kegiatan pengembangan diri di MINU KH Mukmin dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah, teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya yang lebh luas, meningkatkan potensi terhadap kebutuhan belajar, mengembangkan potensi bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi dan kemampuan madrasah.
Kegiatan Pengembangan diri dilaksanakan melalui kegiatan ektrakurikuler dan bersifat pilihan, dalam arti setiap siswa wajib mengikuti kegiatan pengembangan diri sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kegiatan pengembangan diri.
Ruang lingkup pengembangan diri meliputi di MINU KH MUkmin adalah sebagai berikut.
- Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Kesadaran mengikuti aturan
- Kesadaran akan adanya hal yang rinci
- Kesadaran akan kemandirian
- Kesadaran untuk bersosialisasi
- Kesadaran untuk mengembangkan panca indera
- kesiapan menuju kematangan
- pengorganisasian tugas-tugas fisikal sehari-hari
- Kematangan untuk melakukan aktifitas dalam suasana normal
- kemampuan ketrampilan hidup yang dasar
- Ketrampilan sosial
- Ketrampilan mengelola perasaan
- Ketrampilan mengelola agresifitas
- Ketrampilan mengelola stress.
- Ketrampilan merencanakan
- Ketrampilan memecahkan masalah
- Ketrampilan pengembangan diri
A. Pengembangan Diri
Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa yang terdiri atas :
1. Kewiraan
• Pramuka
• PMR
2. Seni
-
Seni baca Al Quran
-
Musik
-
Drum band
-
Lukis
4. Kerohanian
-
Istighotsah
Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengembangan diri adalah sebagai berikut.
-
Kegiatan Pengembangan Diri dilaksanakan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dibina oleh guru pembina yang ditunjuk oleh madrasah.
-
Jadwal Kegiatan
NO |
NAMA KEGIATAN |
HARI |
WAKTU |
1 |
Pramuka |
Jum`at |
13.00 WIB |
2 |
Kegiatan Palang Merah Remaja |
Jum`at |
13.00 WIB |
3 |
|
Sabtu |
O9.00 WIB |
- Alokasi Waktu
Setiap kegiatan dilakukan selama 3 jam pelajaran.
- Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada madrasah dan orang tua dalam bentuk deskripsi kualitatif.
BAB VI
PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL)
Kecakapan hidup (Life skill) adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya. Pendidikan kecakapan hidup yang dikembangkan di MINU KH Mukmin adalah kecakapan non vokasional, sedangkan pendidikan vokasional tidak dikembangkan. Dalam pelaksanaannya pendidikan kecakapan hidup non vokalsional diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran melalui strategi pembelajaran dalam PBM.
A. Internalisasi Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Semua Mata Pelajaran
Kecakapan hidup yang termasuk dalam komponen Personal Skill, General Skill dan Academic Skill akan diinternalisasikan dalam setiap mata pelajaran yang disajikan di Madrasah ini. Komponen-komponen kecakapan hidup yang akan diinternalisasikan dalam setiap mata pelajaran dapat dilihat lebih detail pada bagian pengalaman belajar pada setiap silabus yang ada pada setiap mata pelajaran .
Dalam menginternalisasikan komponen-komponen kecakapan hidup tersebut digunakan strategi-strategi sebagai berikut
-
Melalui reorientasi pembelajaran, setiap guru yang akan menyampaikan mata pelajaran harus merencanakan komponen-komponen yang akan diinternalisasikan dalam proses pembelajaran, sehingga pencapaian kompetensi dalam setiap mata pelajaran hendaknya diikuti dengan “penyemaian” komponen-komponen dari kecakapan hidup.
-
Mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dan metoda yang variatif, sehingga memungkinkan siswa lebih aktif, iklim belajar menyenangkan, Fungsi guru bergeser dari pemberi informasi menuju seorang fasilitator, Materi yang dipelajari terkait dengan lingkungan kehidupan siswa, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah kehidupan. Siswa terbiasa mencari informasi dari berbagai sumber, menggeser “teaching” menjadi “learning”, sehingga lebih banyak komponen-komponen dalam kecakapan hidup yang bisa diinternalisasikan dalam PBM.
Kecakapan hidup diinternalisasikan ke dalam mata pelajaran dengan model sebagai berikut.
Jenis Kecakapan |
Rincian kemampuan |
Model integrasinya |
|
|
Diintegrasikan ke semua mata pelajaran |
|
|
Diintegrasikan ke semua matapelajaran, di mana di setiap matpel ada kegiatan menggali dan menemukan informasi, mengolah informasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan |
|
|
Diintegrasikan ke semua matpel, misalnya dengan adanya kerja kelompok, mengkomunikasikan hasil secara lisan dan tulisan |
|
|
Diintegrasikan ke semua matpel. Penekanannya pada penggunaan strategi belajar untuk menguasai semua kompetensi |
BAB VII
KETUNTASAN BELAJAR, SISTEM PENILAIAN, DAN KELULUSAN
A. Ketuntasan Belajar
Madrasah Ibtidaiyah KH Mukmin menetapkan ketuntasan belajar dengan mendasarkan pada, peraturan yang berlaku dan kondisi nyata yang ada di madrasah. Peraturan yang berlaku meliputi peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang berlaku secara nasional, peraturan yang dikeluarkan oleh daerah dan peraturan yang dikeluarkan oleh lembaga. Kondisi nyata di madrasah berpijak pada kualitas input siswa dan kondisi sumberdaya madrasah.
Dengan mempertimbangkan kondisi di atas, di setiap awal ajaran baru, guru menetapkan standar ketuntasan belajar minimal. Standar ketuntasan belajar minimal kemudian diinformasikan kepada seluruh warga madrasah/ sekolah dan orang tua. Tujuannya adalah agar orang tua dapat membantu membimbing putra-putrinya untuk mencapai ketuntatasan minimal tersebut.
Nilai ketuntasan belajar minimum ditetapkan untuk setiap mata pelajaran oleh forum guru pada awal tahun pelajaran. Penetapan satandar minimal tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
- Penetapan nilai ketuntasan belajar minimum setiap KD melalui analisis ketuntasan minimum pada setiap KD. Setiap KD dimungkinkan memiliki perbedaan nilai ketuntasan belajar minimal dan penetapannya dengan memperhatikan tingkat essensial (kepentingan) setiap KD terhadap SK yang harus dicapai oleh siswa.
- Tingkat Kompleksitas (kerumitan dan kesulitan) setiap KD yang harus dicapai oleh siswa
- Penetapan tingkat tingkat kemampuan (intake) rata-rata siswa pada setiap kelas
- Penetapan tingkat/kondisi sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran pada masing-masing KD.
- Penetapan ketuntasan belajar minimal dengan rumus sebagai berikut.
KKM = K + D + I X 100
9
Poin setiap komponen ditetapkan:
1. Kompleksitas (K) : – Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3
2. Daya dukung : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
3. Intake : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
1. Ketuntasan Belajar
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Tahun Pelajaran 2012/2013
KELAS I AL HAZEN
SEMESTER I
NO |
MATA PELAJARAN |
KKM |
1 |
Pendidikan Agama : – Al Qur’an Hadits |
75 |
– Aqidah Akhlak |
76 |
|
– Fiqih |
77 |
|
2 |
Tematik : – Tema Diri Sendiri |
78 |
– Tema Makanan dan Minuman |
77 |
|
– Tema Lingkungan |
76 |
|
– Tema Pengalaman |
77 |
|
3 |
PKn |
76 |
4 |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
76 |
5 |
Muatan Lokal : – TIK |
75 |
– BMQ |
75 |
Sidoarjo, 7 Oktober 2012
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH, S.Ag
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Tahun Pelajaran 2012/2013
KELAS II AL FARABY
SEMESTER I
NO |
MATA PELAJARAN |
KKM |
1 |
Pendidikan Agama : – Al Qur’an Hadits |
80 |
– Aqidah Akhlak |
80 |
|
– Fiqih |
76 |
|
2 |
Tematik : – Tema Lingkungan |
78 |
– Tema Kegiatan sehari-hari |
80 |
|
– Tema Permainan |
78 |
|
– Tema Binatang dan Tumbuhan |
79 |
|
3 |
PKn |
78 |
4 |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
75 |
5 |
Muatan Lokal : – TIK |
75 |
– BMQ |
75 |
Sidoarjo, 7 Oktober 2012
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH, S.Ag
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Tahun Pelajaran 2012/2013
KELAS III IBNU KHOLDUN
NO |
MATA PELAJARAN |
KKM |
1 |
Pendidikan Agama : – Al Qur’an Hadits |
75 |
– Aqidah Akhlak |
76 |
|
– Fiqih |
75 |
|
– SKI |
76 |
|
2 |
Bahasa Arab |
76 |
3 |
PKn |
78 |
4 |
Bahasa Indonesia |
76 |
5 |
Matematika |
76 |
6 |
IPA |
76 |
7 |
IPS |
75 |
8 |
SBK |
78 |
9 |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
78 |
10 |
Muatan Lokal : – Bahasa Inggris |
78 |
– TIK |
75 |
|
– BMQ |
75 |
Sidoarjo, 7 Oktober 2012
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH, S.Ag
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Tahun Pelajaran 2012/2013
KELAS IV ALI BIN ABI THOLIB
NO |
MATA PELAJARAN |
KKM |
1 |
Pendidikan Agama : – Al Qur’an Hadits |
79 |
– Aqidah Akhlak |
78 |
|
– Fiqih |
78 |
|
– SKI |
78 |
|
– Aswaja |
80 |
|
2 |
Bahasa Arab |
78 |
3 |
PKn |
76 |
4 |
Bahasa Indonesia |
80 |
5 |
Matematika |
77 |
6 |
IPA |
78 |
7 |
IPS |
77 |
8 |
SBK |
75 |
9 |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
76 |
10 |
Muatan Lokal : – Bahasa Daerah |
75 |
– Bahasa Inggris |
78 |
|
– TIK |
81 |
|
– BMQ |
75 |
Sidoarjo, 7 Oktober 2012
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH, S.Ag
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Tahun Pelajaran 2012/2013
KELAS V UMAR BIN KHOTTOB
NO |
MATA PELAJARAN |
KKM |
1 |
Pendidikan Agama : – Al Qur’an Hadits |
80 |
– Aqidah Akhlak |
80 |
|
– Fiqih |
80 |
|
– SKI |
80 |
|
– Aswaja |
80 |
|
2 |
Bahasa Arab |
77 |
3 |
PKn |
77 |
4 |
Bahasa Indonesia |
80 |
5 |
Matematika |
78 |
6 |
IPA |
80 |
7 |
IPS |
79 |
8 |
SBK |
78 |
9 |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
75 |
10 |
Muatan Lokal : – Bahasa Daerah |
77 |
– Bahasa Inggris |
75 |
|
– TIK |
80 |
|
– BMQ |
75 |
Sidoarjo, 7 Oktober 2012
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH, S.Ag
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Tahun Pelajaran 2012/2013
KELAS VI ABU BAKAR
NO |
MATA PELAJARAN |
KKM |
1 |
Pendidikan Agama : – Al Qur’an Hadits |
80 |
– Aqidah Akhlak |
80 |
|
– Fiqih |
80 |
|
– SKI |
80 |
|
– Aswaja |
80 |
|
2 |
Bahasa Arab |
78 |
3 |
PKn |
78 |
4 |
Bahasa Indonesia |
82 |
5 |
Matematika |
79 |
6 |
IPA |
80 |
7 |
IPS |
75 |
8 |
SBK |
75 |
9 |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
75 |
10 |
Muatan Lokal : – Bahasa Daerah |
78 |
– Bahasa Inggris |
78 |
|
– TIK |
80 |
|
– BMQ |
75 |
Sidoarjo, 7 Oktober 2012
Kepala Madrasah
NURUL HAMAMAH, S.Ag
2. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran
Kriteria Kenaikan Kelas:
-
Siswa dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester dikelas yang diikuti.
-
Tidak terdapat nilai dibawah KKM lebih dari 3 pelajaran.
-
Memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti.
-
Siswa yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang yaitu mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat kelas yang sama pada tahun pelajaran berikutnya.
-
Laporan Hasil Belajar Siswa disampaikan kepada siswa dan orang tua/wali siswa, setiap akhir semester.
b. Kriteria Kelulusan
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
- Memperoleh nilai minimal Baik untuk seluruh kelompok Mata Pelajaran, Agama dan Akhlaq mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Estetika,
Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
- Lulus Ujian sekolah utuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
Teknologi.
-
Lulus Ujian Nasional