WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS minukhmukmin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada kami apapun!
Assalamualaikum?

Literasi Sekolah

Senin, 08 Oktober 2018

Siswa-siswa akhirnya duduk dengan tenang. Ia tidak berjalan mengelilingi kelas mengganggu temannya yang sedang membaca. Tangannya membolak-balik halaman buku yang penuh gambar. Terdengar, ia bergumam sendiri tentang gambar di buku itu.

Membaca merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Oleh karena itu siswa diwajibkan untuk membaca sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan ini dinamakan Literasi Sekolah.

Bentuk kegiatan literasi  di MINU KH. Mukmin  adalah 15 menit membaca sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan. Buku yang dibaca bukanlah buku pelajaran dan disiapkan oleh guru masing-masing kelas di satu meja khusus Literasi Sekolah. Siswa dapat mengambil buku tersebut untuk dibaca dan dikemballikan saat kegiatan literasi selesai dilaksanakan. Bentuk program ini pun dapat dikembangkan oleh guru masing-masing kelas dan disesuaikan dengan keadaan siswa.

Kegiatan Literasi Sekolah di kelas V  Umar bin Khattab MINU KH. Mukmin  ini memberikan pengetahuan baru, bahwa kegiatan membaca memiliki manfaat tidak hanya menambah ilmu bagi siswa. Akan tetapi siswa dapat menumbuhkan kecintaan barunya terhadap buku. Sedangkan bagi guru, model kegiatan Literasi Sekolah ini dapat dijadikan obat untuk permasalahan di dalam pembelajaran ketika siswa kurang fokus di kelas. Model kegiatan Literasi Sekolah ini dapat menjadi kegiatan refreshing bagi siswa MINU KH. Mukmin  yang daya fokusnya rendah.

Dari hasil membaca dituangkan  pada  daun pohon literasi kelas V Umar bin Khattab.