WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS minukhmukmin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada kami apapun!
Assalamualaikum?

Study Wisata Kelas 4

Hari Selasa, 22  Januari 2019 siswa-siswi kelas 4  MINU KH. Mukmin sebanyak 105 siswa  dan 5 guru pendamping mengadakan kegiatan Study Wisata di Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan. Agrowisata Bhakti Alam merupakan wisata edukasi yang  memiliki perkebunan buah-buahan, sayuran, dan juga peternakan sapi dan kambing. Kegiatan dilakukan di lokasi tersebut agar siswa bisa belajar dan melihat secara nyata berbagai macam tumbuhan dan hewan. Selain mengamati berbagai tumbuhan  siswa diajak  menanam padi dan mengamati pengolahan buah menjadi keripik.

Pada pukul 07.30 WIB, rombongan siswa beserta guru pendamping siap berangkat. Semua siswa terlihat bersemangat karena berangkat dengan menggunakan bus. Perjalanan menuju Bhakti Alam memerlukan waktu sekitar 2 jam karena berada di luar kota tepatnya di kabupaten Pasuruan.

Sesampainya di sana siswa-siswi berkumpul di lobi. Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu setiap kelompok masuk ke dalam kereta mini yang disediakan oleh pihak Bhakti Alam.

Mengawali perjalanan, kereta bergerak melewati  perkebunan  melon, jambu kelutuk, sawo dll. dengan didampingi seorang tour guide yang menjelaskan setiap tanaman yang ada. Sepanjang jalan siswa mendengarkan penjelasan tour guide, sambil mengerjakan LKS yang sudah mereka terima dari guru.

Berikutnya, siswa-siswi turun dari kereta menuju ladang pertanian. Di sana mereka mendengarkan penjelasan proses menanam padi dan praktik secara langsung.

Tidak jauh dari pabrik, ada peternakan sapi di mana siswa belajar proses pemerahan susu. Setelah memerhatikan guide yang mempraktikkan memerah susu, beberapa siswa tampak antusias mencoba memerah susu untuk mendapatkan beberapa tetes. Kemudian siswa-siswi diajak melihat cara pengolahan buah menjadi keripik.

Kembali menaiki kereta, rombongan dibawa keliling area berikutnya, hingga tiba di area tanaman sayur hidroponik. Selama 15 menit siswa-siswa mengamati tanaman selada, sawi, dan tomat, dan mencicipi beberapa potong buah belimbing hasil panen perkebunan.

Tujuan berikutnya adalah toko pusat oleh-oleh produksi Bhakti Alam. Kira-kira 20 menit, setiap siswa dan guru diperbolehkan mencicipi berbagai macam keripik dan produk minuman tradisional. Lalu membeli produk yang mereka sukai untuk dimakan atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk Menghilangkan lelah  siswa diberi satu cup kecil jus semangka.

Mengakhiri kegiatan studi wisata, siswa diajari cara mencangkok tanaman mangga. Dari hasil cangkokan tersebut, siswa diperbolehkan untuk membawa pulang hasil kreasi cangkokan mereka. Betapa bahagianya mereka membawa hasil karya sendiri untuk ditanam di rumah masing-masing.

Pukul 12.00, semua rombongan makan siang. Lalu bersiap-siap menaiki bus untuk kemudian pulang menuju sekolah. Dalam perjalanan, beberapa siswa-siswi tampak senang sekali, karena mereka bisa menceritakan pengalaman mereka masing-masing kepada teman-temannya. Semua rombongan sampai di sekolah pukul 15.00 WIB.